Panduan Pemula Google Search Console
Panduan Pemula Google Search Console
Apakah Anda mencari peringkat mesin pencari yang lebih baik?
Tentu saja, Anda dapat menggunakan cara Anda untuk sukses di Google. Tetapi ia datang dengan beberapa kerugian serius, yaitu, itu mahal dan lalu lintas menguap begitu Anda berhenti berbelanja.
Sebaliknya, jika Anda kekurangan dana, konsentrasikan upaya Anda pada lalu lintas mesin pencari organik melalui SEO atau optimisasi mesin pencari.
Untungnya, Google telah memberi kami alat sederhana untuk memahami bagaimana Anda melihat situs Anda, masalah apa yang dapat mempengaruhi lalu lintas Anda dan bagaimana Anda dapat meningkatkan situs Anda untuk mendapatkan peringkat dan hasil yang lebih baik.
Alat itu dikenal sebagai Google Search Console.
Alat ini telah ada selama beberapa waktu, dan sebelumnya dikenal sebagai Google Webmaster Tools dan Google Webmaster Central.
Pada 2015, Google mengubah namanya menjadi Google Search Console, jadi jika Anda melihat istilah yang berbeda, jangan khawatir. Semua nama berbeda untuk hal yang sama.
Hal terbaik tentang Google Search Console, atau GSC, adalah gratis. Dan itu dilakukan oleh Google sendiri, jadi sarannya datang langsung dari sumbernya.
Di sini kami menunjukkan kepada Anda bagaimana Anda dapat menggunakan GSC untuk memaksimalkan hasil SEO Anda.
Tambahkan situs web Anda
Untuk memulai, Anda harus mengatur akun gratis dengan GSC. Maka Anda harus memverifikasi bahwa Anda benar-benar memiliki situs untuk dianalisis.
(Sayangnya, tidak ada cara untuk memverifikasi situs pesaing Anda dengan alat ini. Anda harus membuktikan kepemilikan untuk memverifikasi situs.)
Mulailah dengan mengklik tombol "Tambahkan properti" di menu tarik-turun di sebelah kiri.
Dari sana, cukup masukkan nama situs Anda. Ingatlah bahwa ini adalah entri yang ketat, yang berarti http: dan https: dihitung sebagai situs yang berbeda.
Selanjutnya, Anda harus memverifikasi bahwa Anda adalah pemilik situs. Google menawarkan beberapa cara berbeda untuk melakukan ini.
Metode yang disarankan adalah menambahkan file HTML ke server Anda. Tetapi Anda juga dapat menambahkan tag meta, mengedit pengaturan DNS Anda, atau menghubungkan ke akun Google Analytics atau Google Pengelola Tag Anda.
Dasbor
Setelah memverifikasi situs Anda, Anda akan mulai melihat data di situs web Anda. Terkadang mungkin diperlukan beberapa jam sebelum Anda melihat data, tetapi akan mulai bergulir.
Setelah melakukannya, Anda dapat menggunakan beberapa alat berbeda untuk menjelajahi apa yang Google lihat: ikhtisar, kinerja, dan pemeriksaan URL.
Deskripsi umum memberi Anda perkiraan umum tentang segala hal mulai dari kata kunci yang Anda peringkat hingga jumlah lalu lintas yang Anda peroleh.
Selain itu, Anda akan melihat apakah bot Google mengalami kesalahan perayapan saat mengunjungi situs web Anda, jumlah situs yang terhubung dengan Anda dan berapa banyak halaman yang telah diindeks Google.
Dengan Kinerja, Anda dapat melihat rincian kinerja situs Anda yang lebih terperinci di Google.
Dan dengan inspeksi URL, Anda dapat menjelajahi setiap URL. Cukup ketik bilah pencarian di bagian atas layar, dan Anda akan disajikan dengan laporan cepat tentang bagaimana Google melihat URL, dengan cara ini.
Indeks Situs
Seperti yang lainnya, Google tidak sempurna. Karena itu, mengatur situs Anda dapat membantu Anda melakukan pekerjaan yang lebih baik ketika memberi peringkat situs web Anda.
Saat mengonfigurasi ada sejumlah area yang harus Anda ketahui.
Cakupan
Akan ada beberapa halaman di situs web Anda bahwa Anda tidak ingin Google mengindeks. Ini bisa berupa area login pribadi, umpan RSS, atau data penting yang Anda tidak ingin orang akses.
Di tab jangkauan Anda dapat melihat laporan dasar di halaman situs Anda.
Itu dipecah menjadi beberapa kategori: halaman dengan kesalahan, valid dengan peringatan, valid dan dikecualikan. Anda harus mencoba memiliki nol halaman dengan kesalahan atau peringatan.
Jumlah halaman yang valid dan dikecualikan tergantung pada apa yang ingin Anda indeks Google dan apa yang ingin Anda pertahankan.